Ramadhan adalah momentum

8:06 AM

Tahun ini, insya Allah menjadi ramadhan terbaik setelah tahun kemarin. Ada beberapa goals dari tahun ramadhan kemarin yg sudah tercapai. Masih teringat di malam 27 kemarin, pagi terasa sejuk, nikmat, batin merasa tenang, bahagia lah pokoknya. Dan yang paling bikin seneng, ada 1 hal yang berubah.

Dan tahun ini sendiri ada 3 goals yang akan dicapai. Pertama bagaimana menepati janji pada diri sendiri. Yang kedua bakal mati2an di ramadhan ini dan yang ke 3 adalah pengambilan keputusan ke-embuh-an yang terjadi semenjak bulan september tahun kemarin hingga tulisan ini diketik.

Alasan mengapa ramadhan menjadi sebuah momentum adalah ramadhan mwrupakan bulan terbaik. Bulan dilimpahkan pahala. Bulan dimana rahmat Allah banyak bertebaran kemana2. Selain itu ramadhan adalah titik sasaran musabah diri. Dengan ini, kita tahu apa2 yang perlu dikoreksi, apa2 yang perlu diperbaiki.

Gak seharusnya pula ramadhan males2 an karena lapar. Di jaman rasulullah, ada 2 peristiwa besar yang merupakan prestasi luar biasa orang2 muslim sepanjang sejarah. Pertama perang badar. Dari perang badar, kita bisa mengambil kesimpulan, Pertolongan Allah itu haq, ada, pasti. Dari cerita ustadzah yg aku tangkap kemarin, perang badar itu usahanya besar, keimanan, kesabaran dan ketakwaan kita dipertaruhkan. Bayangkan, jumlah tentara musuh dan orang musli  jauh lebih buanyak. Tapi, kemenangan berpihak pada umat muslim. Namun kemenangan itu bukan kemenangan orang muslim, tapi kemenangan Allah seperti penjelasan surat Al Baqarah ayat2 awal ttg orang kafir. Nb: setiap peperangan yg dilakukan oleh umat muslim terdahulu selalu memberikan banyak pelajaran berharga, seakan2 Allah sendiri yang mendidik mereka. luar biasa.
Yanbg kedua adalah fatkhul Makkah. Fatkhul Makkah atau penakhlukan kota mekkah adalah pereburtan kembali kekuasan umat muslim atas orang2 kafir quraisy di wilayah mekkah. Wilayah mekkah yg pada saat ituadalah pusat berhala, fungsinya telah berubah yang semula adalah peradaban berhala menjadi pusat peradaban muslim. Sama halnya di berlin, berlin dulu adalah pusat komunis. Namun penghancuran lokasi, atau perebutan lokasi atas kaum tertentu di berlin telah melenyapkan peradaban jahiliyah sebelumnya. Kata ustadzah memang begitu caranya mengganti peradaban.

Di indonesia sendiri ada peristiwa sangat besar terjadi pada saar ramadhan yaitu kemerdekaan RI. Kemerdekaan RI terjadi pada bulan Ramadhan tanggal 9. Itu artinya besoookkk..

You Might Also Like

0 comments

tinggalkan komentar yah :D

Follow Us

Like us on Facebook

Flickr Images