HARI TUA

12:18 AM

Seorang ibu sanggup merawat 10 orang anak, tetapi 10 orang anak belum tentu dapat merawat seorang ibu.


agaknya pepatah tersebut memang benar adanya. Sudah ada banyak contohnya. Bahkan di keluarga sendiri adalah embah. Embah punya 11 anak dan cucuk hampir 30an. Menjelang hari tua, beliau mendapatkan berkah sakit diabetes dan pada akhirnya menjalar ke bagian mata sehigga beliau gak bisa lihat lagi.

Disaat gak bisa jalan sendiri, makan susah, begini begitu susah, anak2nya yang ngerawat cuman ibuk, bek tik sama om wawan. Yang lain, cuman ngasih duit. :| .  Entah karena sebab apa mereka gak sering mengunjungi embah. Aku sempet berfikir apa karena mereka gak terlalu diperhatikan sama embah ketika mereka kecil *karena banyak cerita dari ibuk bersama embah daiman, bukan embah tik*. Bisa jadi!. Entah juga kenapa perasaanku biasa2 aja waktu itu. Gak ada perasaan iba *mungkin waktu itu aku belum jadi manusia seutuhnya.. loh :o*. Mungkin karena aku adalah cucu yang ditirikan, wkwkwk.. mungkin juga ya, soalnya dari kecil mbah tik udah gak suka sama aku sih. :p. Eh tapi cuman aku loh satu2nya cucu yang mau tiap hari dateng kesana buat jenguk embah, yahh meskipun kadang aku suka usil juga tiba2 ngilang. Alhamdulillah lah dulu aku masih mau nyuapin embah, bantu2 mandiin, bantu2 kalo mau ke kamar mandi dll.

Tadi ibuk cerita, kalo mertuanya mami yang biasa aku panggil Oma itu lagi sakit dan gak keurus. Gak ada yang mandiin, gak ada yang ngasih makan, gak ada yang beliin diapers. Subhanallah. Mau maki2 anaknya rasanya, tapi takut juga nanti aku jg kyk mereka *na'udzubillah*.

Eh dulu juga pernah sih, pas ibuk sakit, yang mau ngrawat cuman aku doang sama bapak. Alhamdulillah nya bapak masih mau bantuin aku masak tiap hari, nyuci baju dll. Ah terharu, diam mu penuh makna begitu..

Pelajaran yang bisa diambil, pertama berdoala agar selalu diberi kesehatan, kedua berdoa untuk menjadi anak yang berbakti, ketiga action. Berbaktilah semampumu, karna gak selamanya mereka *orang tua* mendampingimu. 

You Might Also Like

0 comments

tinggalkan komentar yah :D

Follow Us

Like us on Facebook

Flickr Images