Rencana

8:05 PM

Rencana itu selalu terlihat indah diawal, namun seringkali berubah ditengah jalan. Ndak usa ditanya. Siapapun pasti pernah mengalaminya. Dari masih segumpal daging sampe kita balik lagi ke tanah, jangankan segumpal daging, masih belom ada apa2nya kita juga sudah direncanakan,, hihi..

Oke.. Yang mau kutulis sebenernya masalah dikerjaan. Dari dulu kuliah udah diajarin bahwasannya perencanaan proyek itu harus bener2 mateng. Dari layout/wireframenya, designnya, framework yg dipake sampe testernya seperti apa. Tapi realita di 2 tempat kerja bener2 beda. Semua asal tabrak. Haha..

Sebenernya ada 2 faktor yang bikin berubah2 ditengah jalan. Pertama ketika design siap, terus konversi ke html, tiba2 client minta berubah, padahal html udah berjalan 80%. Kalo udah gini kata bosku (Mr Shawn) yg ke dua "the client is troublesome". Tapi kalo kata ayah(bos geomedia) "yowes, opo jare pemda e" perkataan kedua nusuk banget. Pernah pas akhir taun 2014 kemarin, develop musrenbang udah 75%, tiba2 pas berjalannya acara minta diubah di step yang ke 20%, kan ngeselin. Tiap kali banyak perubahan pengen masang muka babi (-,,-) didepan ibu2 pemda itu.

Faktor kedua, biasanya ini aplikasi permintaan bos sih. Mintanya 2 minggu jadi, database  wireframe dll belum siap. Kalo udah gini, pas tengah2 mesti minta berubahnya banyak. Ngeselin part 2.

Tapi yah.. Terlepas dari itu semua, perencanaan emang pasti berubah. Misalnya rencana manusia. Dari awal udah berencana ini itu dan sebagainya, tp diujung selalu berbeda 180°. Tapi percaya aja sama sebaik2 perencana. Allah Azza wa Jalla yang gak akan ngasih rencana buruk bagi siapapun yang mau inget sama Dia. :) yok membangun cinta yang biasa dibilang sama bek tik "mbangun tresno" alias makaryo .. Mari bekerja demi peradaban yang lebih baik. Demi ibadah yang lebih baik.

You Might Also Like

0 comments

tinggalkan komentar yah :D

Follow Us

Like us on Facebook

Flickr Images