Penasaran atau suka?

6:03 AM

Satu setengah tahun. Ya, selama itu pula belajar menjadi web designer yang baik, lebih kreatif, dan mengikuti perkembangan jaman. Sudah mengerjakan lebih dari 10 project yang kebanyakan dari Malaysia dan Singapore, termasuk salah satunya pengelolaan 'OEM' atau Online Exhibitor Manual untuk beberapa event di Singapore EXPO. Dari banyak project tersebut pasti dong ada yang menantang dalam pengerjaannya. doemalaysia.com misalnya. DOE adalah program pengembangan bakat dan minat yang berpusat di Inggris (http://www.intaward.org). Project ini aku anggap paling "KZL" kenapa?

pertama, konten belum tersedia, termasuk didalamnya gambar-gambar pendukung. Jadi, design awal adalah merubah layout dari homepage intaward. -,,- 

kedua, website full colour, menarik, ramai, mencerminkan anak muda yang sedang semangat mencari jati diri. Mencari font yang serius untuk ini agak susah, dan pada akhirnya terpilihlah roboto sebagai font standart, Montserrat sebagai Heading, dan pernak pernik lain lain menggunakan Josefin sans. 

ketiga, ketika sudah menerima kontent, ternyata konten sulit diterapkan di layout sebelumnya. -,,-

keempat, konten berupa gambar dikirim di format .docx. Mau membuat website bagus tp kualitas gambarnya ukuran 200px. KZL KZL KZL

kelima, client rewelllll. Mintanya aneh-aneh. Minta design secepat mungkin.

Dari sisi design sengaja aku pilih gak continous antara section 1 dengan lainnya tapi dengan perkiraan mudah untuk di konversi ke HTML. 

Pada akhirnya 1 minggu full design dengan banyak refrensi dari pinterest. Daaannn.. ketika konversi ternyata banyak yang gak memungkinkan untuk memakai tag atau script css yang properly. Banyak akal-akalan disana sini. -,,-

Yah, sesulit apapun script nya, js maupun css nya, akhirnya konversi selesai dalam waktu satu minggu setengah.  Waktu yang cukup singkat menurutku untuk sekitar 19 halaman. Sebelumnya malah minta 5 hari. MENGGILA ini bos.

Kalo dipikir-pikir lagi, konversi dengan standart js dan css yang sesuai itu sedikit susah. Awal kita mengenal mungkin cuman biasa aja. ohh begini, ohh begitu. Tapi ketika tahap pengenalan sudah melewati tahap setengah matang, lalu berubah menjadi sebuah 'tanggung jawab' sedikit banyak akan menguras rasa penasaran. Mulai mencari digoogle dengan bantuan keyword yang sesuai, calling mastah-mastah ahli website, sampe pada akhirnya gulung-gulung gak jelas karena terlalu penasaran script yang belum terselesaikan. 

Gulung-gulung bagiku sendiri adalah puncak dari kepasrahan. Kalu sudah di tahap gulung-gulung biasanya langsung banyak-banyak doa, turun ke bawah, nyari makanan di kulkas, ato kalo gak gitu sebelum kerja, sholat duha nya mantep banget *eh bukan berarti biasanya gak mantep juga sih*, baca al quran sehalaman dua halaman an, sampe doa sujud2 saking belum terselesaikan. 

Kalo sudah melewati tahap itu, entah kenapa ada perasan lega, ada perasan optimis kalo Allah bakal bantu. haha.. 

Dan kalo script itu akhirnya terselesaikan, aku bisanya cuman begini aja sih



hahaha...

Kebetulan buka-buka instagram, lalu nemu kata-kata "sebenernya kita bingung, antara penasaran dan suka"
ya, aku sendiri juga masih bingung, ngoding aku gak pinter, tp aku melakoninya hampir 4 tahun ini, sebenernya aku penasaran atau suka?

ya, aku sendiri juga masih bingung, setahun lebih kenal dan belum tahu banyak tentangmu, sebenernya aku penasaran atau suka?

kamu gak lebih dalam artian sama dengan konversi html, yang kadang membuat bingung antara penasaran atau suka? 

*lho kemana arah pembicaraan ini? wkwk..
sejujurnya mau curhat, cuman intronya jadi lebih banyak dari pada curhatannya..heu heu



You Might Also Like

0 comments

tinggalkan komentar yah :D

Follow Us

Like us on Facebook

Flickr Images